Rabu, 12 Maret 2014

Pasar Seni Kuala Lumpur, Malaysia

Pasar Seni Kuala Lumpur adalah tempat jual beli barang kerajinan Malaysia. Dahulu pasar ini adalah sebuah pasar basah yang menjual ikan,sayur-sayuran dan barangan lainnya. Namun sekarang di dalamnya hanya menjual berbagai jenis hasil seni dan kerajinan tangan tradisional dari Malaysia dan negara Melayu serantau. Mulai dari kerajinan kaum Melayu, Dayak , kaum China dan India. Di belakang bangunan Pasar seni ini , di khususkan kepada para pelukis, namun umumnya adalah pelukis potret saja. Selain barang- barang seni, di tempat ini juga bisa di temukan bermacam kuliner khas melayu dan Asia.

Pasar Seni terletak di jantung kota Kuala Lumpur, tepatnya di pinggir Chinatown. Oleh itu, jika anda mengunjungi Chinatown, sebaiknya anda juga mengunjungi Pasar Seni ini. Lokasi ini mudah di capai dengan berbagai transportasi seperti Kereta Api, LRT dan Bis Kota.
-         Dari KL Sentral hanya sekitar  15 menit dengan naik bis. yang jurusan pusat
 kota haltenya semuanya berdekatan dengan  pasar  seni. Kita  tinggal  jalan
 kaki sambil mengikuti  arah yang  di tunjukkan signboard di beberapa  sudut
 kota
-          Dari stasiun kereta api Kuala Lumpur sekitar 5 menit dengan jalan kaki
-          Dari stasiun LRT Pasar Seni hanya tinggal menyeberang jalan saja

Setelah berjalan dan telusuri satu persatu kiosk-kios dilantai bawah. Bagi anda yang dari Indonesia, pasti akan terpana karena di sini banyak kerajinan khas Indonesia yang dijual sisini, seperti :gantungan topeng-topeng khas berbagai daerah di Indonesia dan hampir kesemuanya di hiasi dengan Batik bermotif khas Jawa, Wayang Golek khas Kawa Barat,  Wayang kulit berbagai ukuran dan bahkan Angklung dan Blangkon pun ada juga di sini. Kalau anda pernah berkunjung ke Malioboro – Yogyakarta, maka tempat ini mirip seperti itu.
Sedangkan di lantai atas adalah di khususkan untuk pedagang busana-busana tradisional. Mulai dari songket, batik trengganu (motifnya berbeda batik Indonesia) , Busana khas kaum Cina dan India sampai busana khas Serawak dan Sabah. Namun banyak juga saya temui aneka busana Batik bermotifkan batik jawa. Malah banyak juga barangan-barangan kerajinan di sini yang berasaskan batik di jual di sini. Mulai dari kipas, gantungan kunci, sandal, dompet dan Dakon atau congklak.
Di sebuah panggung terbuka di tepi sungai yang berdekatan dengan Pasar Seni, pelbagai pengalaman berkaitan dengan kebudayaan telah menanti anda. kegiatan-kegiatan budaya dan seni warisan yang terdapat di sini termasuk upacara meramal ala masyarakat Cina, pertunjukan wayang kulit dan persembahan tarian India. Nikmati pelbagai persembahan dan demonstrasi seni, atau anda sendiri boleh mencoba melukis batik dengan cara tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar