Rabu, 06 Januari 2016

Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Sudah lama sekali saya ingin berbagi cerita tentang  wisata di daerah Kabupaten Semarang yaitu sebuah kota yang dekat dengan kota tempat saya tinggal ( sekitar 30 – 45 menit ), dengan tujuan agar bisa berbagi wawasan tentang betapa kaya raya dan Indahnya alam Indonesia. Meski banyak tempat di kabupaten ini yang sering saya kunjungi  tetapi karena belum ada niat atau keinginan ( jawa :  krenteg ) untuk menulis maka tidak ada dokumentasi apapun yang saya miliki.
Kebetulan di pertengahan bulan Desember 2015, saya diminta untuk mendampingi anak SMU di Semarang yang akan mengadakan kegiatan Pendakian Gunung Ungaran, maka  dengan senang hati tawaran itu saya terima apalagi sebelumnya pernah mendaki gunung ini.

Tentang Gunung Ungaran
Kawasan Gunung Ungaran terletak di Kabupaten Semarang dengan koordinat 7o11’LS 110o20’BT / 7,18oLS 110,33oBT. Disisi Utara terdapat kota Semarang, di Timur terletak kota Ungaran, di Selatan terdapat kota Ambarawa dan di Barat ada Kabupaten Kendal. Kawasan Gunung Ungaran terdiri dari 3 gunung yaitu Gunung Ungaran, Gunung Botak dan Gunung Gendol. Puncak tertinggi gunung Ungaran sekitar 2050 m dan terdapat sebuah tugu yang dibuat oleh batalyon “Banteng Raiders” dari Semarang. Dari Puncak tertinggi tersebut akan dapat terlihat :
           -          Arah Timur akan terlihat Rawa Pening
           -          Sebelah Tenggara, akan terlihat Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi
           -          Arah Barat Daya akan terlihat Gunung Sumbing, Gunung Sundoro

Untuk melakukan pendakian, gunung ini memiliki 3 jalur yang dapat dicapai dari berbagai arah, yaitu:
1.       Jalur Jimbaran
-       Untuk Transportasi :
·     Dari arah Solo, turun di Pasar Babadan, Ungaran lalu menyebrang jalan dan naik angkutan atau minibus jurusan Bandungan atau Sumowono turun di pasar jimbaran. Lalu jalan atau naik ojek menuju Pos Pendakian I Mawar.
·      Dari arah Semarang, dari terminal Terboyo naik bis jurusan bandungan atau Sumowono turun di pasar jimbaran. Lalu jalan atau naik ojek menuju Pos Pendakian I Mawar.
-    Untuk Jalur Pendakian adalah dari perjalanan dari Pos I Mawar dilanjutkan menuju Pos II atau Pos Bayangan. Apabila perjalanan dilakukan pagi atau siang hari, maka dari Pos Mawar, dapat terlihat Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo.
Perjalanan akan dimulai dengan suasana hutan pegunungan dengan suasana sejuk, kemudian medan mulai menanjak dengan vegetasi yang mulai terbuka. Dimana pada musim kemarau akan menjadi panas dan sedikit berdebu.
Selanjutnya medan masuk ke kawasan hutan lagi. Di perjalanan ini akan ditemui sungai dan air terjun kecil. Sebuah “bonus” pemandangan yang cukup menyenangkan.
Dari air terjun, dilanjutkan berjalan ke arah kanan dengan track yang menanjak dan kembali agak landai. Setelah melewati  kawasan hutan sejauh 1 km maka akan sampai di perkebunan kopi Sikendil. Di lokasi inii terdapat pondok dan bak penampungan air yang menyerupai kolam renang.
Setelah sampai percabangan jalan, ambil arah kekiri yaitu menuju puncak sedangkan lurus adalah jalur menuju Babadan, Ungaran.
Waktu tempuh lewat jalur ini adlah sekitar 8 jam.

2.   Jalur Gedong Songo
-       Untuk Transportasi :
·  Dari arah Solo, turun di Pasar Babadan, Ungaran lalu menyebrang jalan dan naik minibus jurusan Sumowono turun di depan Gerbang  bawah dari Gedong Songo. Lalu jalan kaki atau naik ojek menuju Gerbang ( Loket ) Candi Gedong Songo
·     Dari arah Semarang, dari terminal Terboyo naik bis jurusan jurusan Sumowono turun di depan Gerbang  bawah dari Gedong Songo. Lalu jalan kaki atau naik ojek menuju Gerbang ( Loket ) Candi Gedong Songo
-  Untuk Jalur pendakiannya adalah melewati kawasan Candi Gedong Songo dengan deretan bangunan candi  Hindu dan ini akan menjadi “bonus” pemandangan dari jalur pendakian ini. Setelah melewati kawasan candi maka akan masuk ke  kawasan hutan yang cukup lebat serta jalan yang licin, apalagi  bila turun hujan. Sehingga pendaki diharapkan untuk selalu waspada karena banyak percabangan yang akan menuju ke jurang atau ke jalur pendakian lainnya.
Apabila pendakian dilakukan pagi atau siang hari, maka jalur ini akan didapatkan suasana hutan pegunungan yang nyaman dengan pemandangan tebing yang indah meskipun dengan  track yang cukup menanjak yang cukup panjang.
Setelah sekitar setengah perjalanan, maka kita akan mendapat  “bonus” lagi berupa pemandangan indah ke arah rawa pening dan gunung Merbabu.
Waktu tempuh dari jalur ini adalah sekitar 5 jam.

3.   Jalur Medini
-    Dari arah Semarang, di Terminal Terboyo naik bis Jurusan Cangkiran, turun di terminal Cangkiran selanjutnya naik ojek ke Desa Medini.
Untuk jalur ini, lebih disarankan memakai kendaraan pribadi ( mobil atau motor ) karena belum ada angkutan yang menuju tempat tersebut.
-  Untuk jalur pendakiannya adalah dari Desa Medini menuju dusun Promasan, sebuah dusun di tengah perkebunan teh dengan hanya ada 25 rumah. Waktu tempuh desa Medini ke dusun Promasan kurang lebih 2 jam.  Sebaiknya istirahat dulu di dusun ini. Ada lapangan untuk mendirikan tenda, mushola, MCK dan warung kopi, bahkan sekarang ada persewaan tenda juga.
Dari sini, pendakian dilanjutkan dengan melewati jalan di tengah perkebunan teh. Di ujung perkebunan teh, akan bertemu hutan cemara dan lamtoro. Setelah berada di  pertemuan jalur, ambillah jalur lurus karena jalur kiri adalah jalur dari arah pertigaan.
Apabila ingin langsung ke Puncak dan tidak ingin ke Dusun maka dari pertigaan, ambillah jalur kekiri. Waktu tempuh dari pertigaan atau dari dusun Promasan menuju puncak sekitar 2 jam dengan medan yang cukup terjal dan tak jarang kita harus memanjat batu dengan tinggi sekitar 80 cm.
Separuh jalan  akan bertemu dengan tebing tebing batu dengan tinggi 20 meteran dan padang savana ( Alang – Alang ). Siang hari, disini sangat panas dan berangin kencang karena tidak adanya pohon yang besar tumbuh.
Disarankan agar mendaki disaat malam atau pagi sekali, selain untuk menghemat air minum juga agar terhindar dari terik matahari yang dapat membakar kulit.
Jalur disini meminta kita untuk waspada, karena jalur yang terjal,  berbatu besar dan licin.
Apabila sudah sampai di hutan kecil yang diapit oleh 2 punggung bukit maka berarti puncak gunung Ungaran sudah dekat. Di atas hutan akan ketemu tebing terjal, jalan setapak dengan  bagian tengah tebing menuju arah kiri kemudian berbelok ke kanan dan  sampailah ke puncak Ungaran dengan

Cerita Pendakian
Nah, untuk pendakian Gunung ungaran seperti yang saya ceritakan di  atas maka  rombongan kami memilih jalur medini.
Dari Semarang, jam 8.00 pagi rombongan menuju ke desa Medini dengan mengendarai beberapa mobil. Setelah sampai di desa Medini, kami melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju dusun Promasan, sebuah dusun di tengah perkebunan teh dengan hanya ada 25 rumah . Perjalanan kaki selama kurang lebih 2 jam ini dengan melewati perbukitan dengan kebun teh di kanan dan kiri jalan. Terasa sangat menyejukkan mata apalagi ditambah udara yang mulai terasa dingin, benar benar memberikan oksigen yang segar buat paru paru dan memberikan nuansa adventure yang cukup menarik.
        Di tengah perkebunan teh ini ada tempat wisata Goa Jepang. Yaitu sebuah Goa dengan 3 lobang besar sebagai pintu dan ventilasi, panjang lorong sekitar 150 meter dengan ruangan di sisi kiri kanannya, yang dibuat pada masa pendudukan Jepang dan di gunakan sebagai basis pertahanan. Apabila ingin memasuki goa ini sebaiknya membawa senter dan sepatu boot, karena disamping gelap juga lantainya licin
Juga ada Candi Promasan yaitu sebuah pemandian umum terbuka. Terdapat beberapa patung kuno disekitar pemandian ini. Mitosnya adalah yang mandi disini bisa awet muda. Tertarik untuk menjadi muda ????  :-)
      Sampai Dusun Promasan, rombongan beristirahat, makan dan MCK di salah satu rumah penduduk yang sudah dibooking untuk disewa sebelumnya.
Hujan deras yang turun sejak sore hari, Alhamdulillah jam 2.30 sudah reda. Setelah melakukan persiapan sebentar maka sekitar jam 3.00 dini hari, rombongan mulai berangkat dengan di dampingi mas jabrik, seorang pemandu,  sedangkan saya dengan 1 orang teman berada di paling belakang sebagai penyapu ranjau.
Beberapa kali rombongan harus berhenti karena lelah dan minum, maklumlah rombongan ini terdiri dari anak anak SMU yang belum pernah naik gunung, tetapi meskipun lelah ternyata semangat mereka pantas diacungi jempol.
      Rombongan sempat terpecah menjadi 3 bagian yaitu yang staminanya bagus bisa mengikuti langkah pemandu, yang stamina setengah bagus berada di tengah dengan jarak sekitar 50 meter dari rombongan pertama  dan yang terakhir adalah rombongan dengan modal semangat tinggi (...heheheh... ) yang tertinggal  hmpir 100 meter dari rombongan di tengah.
Namun pelan tapi pasti, rombongan pun sampai semua di  Puncak Gunung Ungaran dan semua terlihat tersenyum gembira karena semua sempat mendapatkan momen “Sun Rise”. Sebuah momen yang selalu dicari dan ditunggu oleh para pendaki gunung, meskipun wajah mereka terlihat lelah plus ngantuk...:-D
Bagaimana dengan saya??......Pastinya saya lebih gembira lagi karena bisa mendampingi dan mengantarkan mereka mencapai puncak dalam kegiatan mendaki Gunung Ungaran apalagi melihat mereka bersemangat dan bergembira.
      Tetapi tanggung jawab ini belum lah selesai karena perjalanan pulang menuruni gunung juga bukan sebuah perjalanan yang mudah. Setelah cukup berfoto foto, maka sekitar jam  7.15 rombongan mulai menuruni puncak dan jam 10.00 sudah sampai di base camp.
Setelah istirahat, mandi dan makan, maka rombongan mulai berjalan lagi dari basecamp di dusun Promasan menuju desa Medini, dimana mobil mobil penjemput yang akan mengantarkan kami pulang sudah menanti.

Puncak Gunung di manapun memang mempunyai keindahan dan daya tarik tersendiri bagi pendakinya dan Gunung Ungaran ini adalah salah satu Gunung yang cukup layak untuk didaki apalagi buat yang pertama kali mendaki ( Pemula ) meskipun yang sudah Senior pun juga masih suka mendaki gunung ini. Karena nuansa hutan, sejuknya udara dan pengalaman adventure nya memang merupakan daya tarik tersendiri.  Apalagi ketika sudah berada di Puncak nya... waooww....sangat indah dan eksotis...bahkan untuk sementara akan lupa dengan semua hutang...heheheh....

Bro Sist, Come On....Let’s Visit to Ungaran Mountain and Find sense of adventure...